Definition List

Minggu, 25 Februari 2018

Soal SBM Bahasa Indonesia

 1.      Revolusi dibidang teknologi informasi menghasilkan berbagai produk dan progam baru dipasar dunia. Revolusi itu mengubah berbagai segi kehidupan masyarakat. Teknologi internet, CD Rom, dan jaringan televise internet yang mampu menerobos batas kehidupan pribadi yang sangat mempengaruhi perkembangan pariwisata.

Pemasaran pariwisata berupa penawaran produk, dan harga misalnya lebih mudah dilakukan di internet yang dihubungkan ke jaringan komputer pelanggan diseluruh dunia. Calon konsumen juga lebih mudah memilih produk wisata yang diinginkan dan disesuaikan dengan kemampuan keuangannya.

Revolusi teknologi serupa ini akan mengubah prinsip pariwisata dan membuat pembaruan atas pola yang berlangsung selama ini. Pasar semula bersifat massal akan berubah menjadi lebih khusus dan efektif.

Semula, hal berikut dibicarakan dalam kutipan diatas KECUALI…
A. Perubahan seluruh kehidupan pribadi masyarakat
B. Perkembangan dalam pemasaran pariwisata
C. Pasaran pariwisata menjadi selektif
D. Revolusi Teknologi
E. Pengaruh perubahan teknologi informasi

2. pemakaian tanda baca yang betul terdapat pada kalimat…
A. Dari segi ekonomi masyarakat didaerah ini, terbagi atas golongan ekonomi lemah,sedang,dan kuat.
B. Usahanya maju; anak-anaknya sudah menjadi sarjana; kehidupannya tentram.
C. Perhitungan kita meleset, karena tidak sesuai dengan kenyataan.
D. Mereka Ingin membangun masyarakat tetapi perangkat teknologinya kurang lengkap.
E. Tetangga saya menerima hadiah Rp 5.000.000,00.

3.Atas dasar pehaman tersebut, diharapkan dapat menggunakan kaidah-kaidah bahasa Inggris secara baik dan benar sehingga diperoleh keterampilan bahasa, khusunya kemahiran berbahasa Inggris.

Inti kalimat di atas adalah…
A. Mereka diharapkan dapat menggunakan kaidah-kaidah bahas Inggris.
B. Mereka harus memahami kaidah-kaidah bahasa Inggris.
C. Mereka dapat menggunakan kaidah-kaidah bahasa Inggris.
D. Mereka terampil berbahasa Inggris.
E. Penguasaan terampil berbahasa Inggris, berpengaruh terhadap kemahiran berbahasa Inggris.

3     4. Menjelang digulirnya dana subsidi bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah khususnya untuk sektor pendidikan, kini sejumlah daerah mulai melakukan publisitas tentang kondisi persoalan pendidikan di daerahnya masing-masing. Namun, disinyalir tak jarang dari data yang diekspos itu sengaja dibesar-besarkan agar mendapat dana yang besar pula.
Dari kabupaten Purwakarta dilaporkan sebanyak 2.000 anak usia 7-12 tahun hingga saat ini belum menikmati bangku sekolah. Hal itu terjadi akibat ketidakmampuan orang tua dalam membiayai sekolah mereka. Bila kondisi itu dibiarkan, maka dipastikan akan menurunkan tingkat angka partisipasi murni (APM) bagi anak seusia itu dalam memasuki pendidikan dasar (SD). Padahal, APM, SD di kabupaten Purwakarta tahun 2004 lalu dinilai masih relatif baik, hingga mencapai 92,40%.

Pernyataan berikut ini yang tidak sesuai dengan teks diatas adalah…
A. Sejumlah daerah melakukan publisitas kondisi persoalannya.
B. Lebih dari 2.000 anak usia sekolah di Kabupaten Purwakarta belum menikmati bangku sekolah.
C. Agar mendapat dana besar, mereka mengekspos data secara besar-besaran.
D. Orang tua anaka sekolah di Kabupaten Purwakarta tidak mampu membiayai sekolah.
E. APM SD Kabupaten Purwakarta dinilai relatif baik, mencapai 92,40%.

      5.      Penulisan unsur serapan yang berikut ini benar, KECUALI…
A. Formal, tradisional, rasional
B. Analisis, hipotesis, sintesis
C. Sistem, apotek, atlet
D. Akwarium, kwitansi, sistesis
E. Trotoar, dresoar, repertoar

5    6.      Pengairan Indonesia dapat menyumbangkan pangan yang sangat besar jumlahnya. Jika penangkapan ikan kita kerjakan dengan efisien, produksi ikan dapat ditingkatkan menjadi 7,5 ton/bulan. Akan tetapi, produksi ini hanya 1,2 ton sebulan.

Apabila diperhatikan letak kalimat utamanya, paragraf tersebut dikembangkan dengan cara…
A. Definisi
B. Induktif
C. Deduktif
D.Sebab-akibat
E. Analogi

6    7.      Teks 1
Sungguh pun sudah ada program yang namanya Bantuan Operasional Sekolah (BOS), masih banyak anak Indonesia yang kesulitan mengakses pendidikan di sekolah dasar dan menengah. Berdasarkan angka resmi yang dikeluarkan pemerintah, angka putus sekolah untuk tingkat SD dan SMP sekitar 768.960 orang yang terdiri atas 527.850 siswa SD dan 241.110 siswa SMP. Belum lagi, masih ada sedikitnya 8,3 juta orang Indonesia yang masih buta huruf.

Teks 2
Salah satu penyebab lancarnya penuntasan wajib belajar 9 tahun di Kabupaten Bandung adalah adanya dukungan BOS yang dikucurkan sejak tahun 2005. Memasuki tahun 2009, program BOS mengalami perubahan tujuan, pendekatan, dan orientasi dari yang semula untuk perluasan akses menjadi peningkatan kualitas. Jumlah siswa yang menerima dana BOS di Kabupaten Bandung, tercatat 511,228 siswa. Masing-masing SD negeri sederajat 379,701 siswa, SD swasta sederajat 69.289 siswa, SMP swasta sederajat 53.116 siswa.

Pernyataan yang paling sesuai dengan kedua teks tersebut adalah…
A. Kedua teks tersebut mengungkap kegagalan BOS.
B. Kedua teks tersebut mengungkap keberhasilan BOS.
C. Teks 1 mengungkap kegagalan BOS, sedangkan teks 2 mengungkap keberhasilan BOS
D. Teks 1 mengungkap keberhasilan BOS, sedangkan teks 2 mengungkap kegagalan BOS
E. Teks 1 mengungkap akibat kegagalan BOS, sedangkan teks 2 mengungkap keberhasilan BOS

7     8.      (1) Dalam ilmu gizi diyakini bahwa pati dicerna dengan sempurna di dalam usus halus manusia. (2) Akan tetapi, teori tersebut sekarang dikoreksi setelah banyak penelitian baik in vitro maupun in vivo menemukan bahwa tidak semua pati yang dikonsumsi dapat dicerna dengan sempurna. (3) Kebanyakan makanan berkarbohidrat tinggi seperti: sereal, padi-padian, dan umbi-umbian diolah dengan pemanasan (dengan atau tanpa adanya air) sebelum dikonsumsi. (4) Pemanasan pati akan mengakibatkan pati mengalami gelatinisasi, suatu proses yang meliputi hidrasi dan pelarutan granula pati (Wursch, 1989:234). (5) Pemanasan kembali serta pendinginan pati yang telah mengalami gelatinisasi tersebut dapat mengubah struktur pati yang mengarah pada terbentuknya kristal baru yang tidak larut, yaitu berupa pati teretrogradasi yang sering terjadi selama pengolahan bahan berpati dapat mempengaruhi ketercernaan pati dalam usus halus. (7) Sebagai contoh sejumlah pati pada kentang, pisang, dan kacang-kacangan serta berbagai produk olahan, misalya roti tawar dan corn flakes ditemukan tidak dicerna dengan sempurna didalam usus halus manusia dan hewan yang ditandai dengan adanya pati dalam digesta (isi usus) di usus besar.
(8) Pati ini sebut pati tahan cerna atau resistant starch (RS) (9) secara fisiologis, RS didefinisikan sebagai jumlah dari pati dan hasil pencernaan pati yang tidak diserap didalam usus halus individu yang sehat. (10) Secara analitis, RS didefinisikan sebagai pati yang tahan terhadap disperse didalam air mendidih dan hidrolisis amilase pancreas.

Jika Anda mengutip pendapat Wursch dari teks diatas, tanpa membaca sumber aslinya, penulisan kutipan yang paling benar adalah…
A. Menurut Wursch (dalam Suharsono, 2010:57), gelatinisasi terjadi akibat pemanasan pati disertai air yang berlebihan.
B. “Pemanasan pati disertai air berlebihan akan mengakibatkan pati mengalami gelatinisasi, suatu proses yang meliputi hidrasi dan pelarutan granula pati” (Wursch,1989)
C. Dalam buku Suharsono, Wursch (1989:234) menyatakan bahwa pemanasan pati disertai air berlebihan akan mengakibatkan pati mengalami gelatinisasi, suatu proses yang meliputi hidrasi dan pelarutan granula.
D. Wursch (dalam Toni Suharsono, 2010) menyatakan “Pemanasan pati disertai air berlebihan akan mengakibatkan pati mengalami gelatinisasi, suatu proses yang meliputi hidrasi dan pelarutan granula pati”
E. Wursch (1989) menyatakan “Pemanasan pati disertai air berlebihan akan mengakibatkan pati mengalami gelatinisasi, suatu proses yang meliputi hidrasi dan pelarutan granula pati” (Suharsono,2010). 

9. Dalam satu wilayah yang dihuni berbagai etnik, terjadi integrasi budaya sehingga menghasilkan  budaya baru
Makna istilah INTERGRASI dalam kalimat diatas adalah...
A. Pencampuran
B. Penyatuan
C. Pembauran
D. Pembentukan
E. Penyesuaian

1    10.      Berbicara tentang pendidikan sebenarnya sama halnya dengan berbicara tentang kehidupan. Pendidikan merupakan proses yang dilakukan setiap individu menuju kearah yang lebih baik. Proses ini hanya berhenti ketika nyawa tidak ada dalam raga manusia. Pendidikan pada hakikatnya adalah proses memanusiakan manusia. Profesor Diryakara merumuskan pendidikan sebagai proses memanusiakan manusia muda, yakni suatu pengangkatan manusia ke taraf insani sehingga ia dapat menjalankan hidup sebagai manusia utuh dan membudayakan diri.

Ikhtisar kutipan diatas adalah…
A.    Pendidikan adalah proses berkesinambungan dalam memanusiakan manusia menjadi manusia utuh dan berbudaya sesuai dengan potensi yang dimiliki.
B.     Pendidikan diperlukan setiap individu dalam kehidupan bermasyarakat, terutama dalam menjadikan masyarakat berbudaya.
C.     Selam masih hidup, setiap individu memerlukan pendidikan dengan tujuan untuk untuk memanusiakan manusia yang utuh dan menjadikan dirinya berbudaya.
D.    Pendidikan dan kehidupan ini tidak dipisahkan karena pendidikan diperlukan oleh setiap individu untuk mencapai taraf insani, yakni sebagai manusia utuh dan membudayakan diri.

E.     Melalui pendidiakan, manusia dapat mencapai taraf hidup yang lebih baik, yakni sebagai manusia yang utuh dan membudayakan diri.

0 komentar:

Posting Komentar