Definition List

Sabtu, 01 Maret 2014

SkyDrive: Media Penyimpanan Online Gratis

Live SkyDrive adalah salah satu bagian dari layanan online keluarga Windows Live. Live SkyDrive merupakan service gratis Microsoft yang dapat dipakai oleh siapapun untuk menyimpan, mengakses, dan berbagi pakai dengan orang lain lewat internet.

W
 indows Live SkyDrive lebih didedikasikan sebagai media penyimpanan yang bersifat general. Anda dapat menyimpan file ber-ekstensi apa pun di Windows Live SkyDrive. Bayangkan saja Windows Live SkyDrive ini sebagai folder online anda di Internet yang bisa diakses kapan pun selama anda terhubung dengan Internet.
            “Kini dengan SkyDrive konsep mobile worker telah terwujud secara nyata bisa mengakses semua data dan file kita secara aman dan nyaman, anytime, anywhere, anyplace,”
Sementara itu, Office Live Workspace merupakan sebuah “kepanjangan tangan” dari Microsoft Office yang ada di komputer lokal anda. Pada Office Live Workspace, file yang bisa anda simpan, akses, dan berbagai pakai dengan orang lain di Internet hanyalah dokumen-dokumen Microsoft Office.
Registrasi SkyDrive
Untuk menikmati layanan Windows Live SkyDrive, anda terlebih dahulu melakukan registrasi. Pendaftaran layanan ini dapat dilakukan dengan membuka website http://skydrive.live.com. Klik “Get Started” untuk memulai.
            Sebagai bagian dari keluarga Windows Live dan layanan online dari Microsoft, Windows Live Skydrive menggunakan otentifikasi berbasis Windows Live ID. Anda dapat memanfaatkan alamat e-mail berbasis hotmail.com, live.com, atau mugi.or.id yang mungkin anda miliki untuk mengakses layanan ini. Jika tidak, anda juga tetap dapat memanfaatkan layanan dengan mendaftarkan alamat e-mail anda sebagai Windows Live ID.
Folder di dalam SkyDrive
Setelah berhasil masuk, anda akan mendapatkan tampilan dalam SkyDrive. Anda memiliki jatah ruang penyimpanan sebesar 5GB, yang tentunya dapat dipakai untuk menyimpan file apapun yang anda inginkan.
            Windows Live SkyDrive menyediakan 3 kelompok utama folder untuk anda, yaitu: Personal folders, Shared folders, dan Public folders. Pada tiap kategori tersebut, anda bisa membuat folder-folder baru dan memberi nama folder baru tersebut sesuka hati.
            Sesuai dengan namanya, Personal folders hanya dapat diakses oleh anda sendiri (menggunakan login Windows Live ID yang dipakai untuk mendaftar tadi). Shared folders dapat digunakan untuk berbagi pakai dengan teman-teman yang anda undang. Anda bebas meng-upload file apapun, juga bebas menentukan siapa pun orang yang diberi hak akses. Orang yang anda beri hak akses akan mendapatkan e-mail pemberitahuan yang berisi link menuju folder tersebut.
            Public folders dapat digunakan untuk menyimpan file/folder apapun yang bisa diakses oleh semua orang di Internet tanpa pengecualian. Semua orang yang bisa membuka alamat folder anda di Windows Live SkyDrive bisa membuka isi file yang ada, dengan hak read only.
Manajemen file di SkyDrive
Walau Microsoft sudah membantu mengklasifikasikan dalam 3 kategori kelompok utama seperti disebut di atas, ada baiknya anda terlebih dahulu membuat folder untuk setiap kelompok file yang ingin di upload. Pembuatan folder bukan hanya untuk memudahkan anda mengelompokan file-file yang ada berdasarkan kepentingannya, tetapi juga memudahkan proses sharing dan pengiriman undangan akses ke orang lain (jadi tidak berdasarkan file, tetapi berdasarkan folder).
Untuk membuat folder, anda dapat meng-klik menu yang tertera di bawah nama-nama kelompok folder (Personal Shared, atau Public folders). Berikan nama folder sesuai keinginan, lalu tentukan hak aksesnya (untuk semua orang di Internet , hanya untuk orang orang tertentu atau untuk diri sendiri).
Setiap saat anda bisa masuk ke folder options dari semua folder yang anda miliki, cukup klik nama folder yang ada. Pada folder option, anda dapat menambahkan atau menghapus file di folder tersebut. Anda juga dapat menambahkan sub folder. Anda dapat mengubah permission yang tadi telah diberikan kepada seseorang. Anda juga dapat mengirimkan link yang berisi alamat website untuk mengakses folder anda  di Internet kepada siapa pun yang anda inginkan, setiap saat.



0 komentar:

Posting Komentar